Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia untuk menunjang hampir seluruh aktivitas hidupnya. Mulai dari menerangi rumah-rumah, jalan-jalan, hingga penunjang pengoperasian alat-alat elektronik seluruhnya menggunakan energi listrik. Masyarakat menjadikan listrik sebagai penggerak sendi-sendi kehidupan dan perekonomiannya. Dapat diibaratkan ketika listrik ditiadakan, maka hampir seluruh kegiatan manusia akan terhenti. Pedukuhan Delingsari, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping merupakan desa di sebelah barat kota Yogyakarta dekat kampus UMY, sehingga secara ekonomi dan sosial perkembangannya cukup pesat. Oleh karena itu, dengan mengetahui dan memahami Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sedikit banyaknya akan memudahkan masyarakat apabila terjadi suatu masalah atau hambatan pada instalasi listrik. Problem yang ada di masyarakat, pengetahuan umum K3 ini tidak seluruhnya dipahami dengan baik.

Sehingga, diperlukan sosialisasi atau workshop untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai K3 di bidang kelistrikan. Dosen Teknik Elektro UMY, yang dikoordinir oleh Slamet Suripto, beranggotakan dua dosen; Kunnu Purwanto dan Faaris mujaahid, serta dibantu oleh dua mahasiswa; Rikky Alif dan Ardia Suttyawati, melaksanakan program pengabdian masyarakat yang berlokasi di RT 3, Dukuh Delingsari. Program pengabdian masyarakat ini didukung secara finansial oleh LP3M UMY melalui pendanaan hibah Pengabdian Masyarakat Skema Kemitraan. Workshop instalasi listrik dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 dan bertempat di gedung OGR Delingsari, Ambarketawang.

Program ini diterima dengan baik oleh masyarakat RT 3, Dukuh Delingsari, yang diwakili oleh pak RT setempat, Joko Gunawan. Kegiatan terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pembelajaran dan sesi simulasi (pelatihan pemasangan instalasi listrik yang benar). Pembelajaran berfokus pada materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Listrik. Sedangkan pada sesi simulasi pemasangan instalasi listrik dipandu oleh praktisi yang memamahi permasalahan instalasi listrik. Kegiatan ini dikemas dengan mengedepankan pelayanan kepada peserta dengan menghadirkan ilmu-ilmu yang berkualitas sehingga diharapkan ilmu yang telah diperoleh dapat diterapkan dalam berbagai aspek untuk mendukung dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam penggunaan listrik.

Facebook Comments