Setelah melewati seleksi tahap II untuk maju ke Tingkat Regional III yaitu wilayah DIY dan Jateng, salah satu utusan tim dari Teknik Elektro UMY, Tim MR. Cool_MK2 Alhamdulillah mendapat Juara 1 dikategori KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Berkaki dalam Kontes Robot Nasional (KRN) di Tingkat Regional III.

juara1_krpai2013_rgiii_1

Berlangsung pada tanggal 4 Mei 2013 yang bertempat di GOR Ki Bagoes Hadikoesumo (UII) Universitas Islam Indonesia. Dengan dukungan dari Suporter dan dijejaring sosial menambah semangat tim – tim teknik elektro UMY yang diutus pada Kontes Robot Nasional tersebut.

3 tim yang berlaga pada KRN Regional III adalah Tim XanthiX bertanding dikategori KRPAI (Beroda), Tim MR. Cool_MK2 bertanding dikategori KRPAI (Berkaki), dan Tim Hanoman bertanding dikategori KRSI. Dari ketiga tim tersebut Tim MR. Cool_MK2 akan berlaga kembali pada KRN Tingkat Nasional.

juara1_krpai2013_rgiii_2

Kategori KRPAI memiliki misi mencari dan memadamkan api di arena lapangan berbentuk simulasi interior suatu rumah. Perbedaan pada kategori KRPAI Beroda dan Berkaki adalah robot menggunakan roda atau kaki pada alat geraknya. Dalam kategori ini yang diutamakan adalah kemampuan robot bernavigasi dan bermanuver serta kecepatan dalam menyelesaikan misinya tersebut. Robot yang berhasil menemukan dan memadamkan api tercepat dinyatakan sebagai pemenang.

Format aturan pertandingan dalam KRPAI 2013 dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur yaitu Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat dan telah berlangsung lebih dari empat belas tahun.

Seluruh tim – tim yang berlaga pada setiap pertandingan robot yang beratas nama Teknik Elektro UMY merupakan kerja sama dengan Klub MRC. Dalam beberapa bulan terakhir tim – tim yang berlaga di Tingkat Regional III KRN ini berbagi dan diskusi menggodok programming dan pengerjaan robot keseluruhan bersama dengan anggota Klub MRC (Microcontrollers and Robotics Club). Universitas pun berjanji akan lebih mendukung ke tim MR.Cool MK2 untuk selanjutnya melaju ke Tingkat Nasional nanti, tentunya hasil kerja keras Klub MRC ini tidak mengecewakan. MRC sendiri merupakan sebuah Klub yang berfokus pada pengembangan minat mahasiswa elektro dibidang Robotika dan Mikrokontroller, yang aplikasinya saat ini bahkan dimasa depan akan menjadi sebuah kebutuhan penting baik dalam dunia Industri maupun Masyarakat.

Berbagai prestasi telah ditoreh dari mahasiswa – mahasiswa teknik elektro UMY salah satunya pada tahun 2010 Juara 1 dalam KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia) dan yang paling baru sebelum KRPAI ini, tim Andromeda menjuarai Lomba Paper Tingkat ASEAN mengusung tema “Search for Managing the Risk of Disaster” dan merupakan salah satu perwakilan Indonesia di ITB tahun 2012. Semoga saja kedepan teknik elektro dapat kembali menorehkan prestasinya dikancah nasional dan internasional sebagai mahasiswa Unggul dan Islami. (ans)