Kamis, 22/05/2014 Hari ini Tim dari TE UMY berangkat menuju surabaya untuk mengikuti final Lomba Cipta Elektronik Nasional 2014 yang diadakan di ITS, tim yang di ketuai oleh Ezar Kuntoro H dan anggotanya Dery dan Gunawan. Tim ini berhasil membuat alat yang dinamakan Pendeteksi Beban Berlebih pada Mikrohidro 450VA dengan di bimbing oleh Dosen TE Iswanto.

alat-ezar-lcen2014

Alat ini dinyatakan 100% untuk mengikuti lomba di ITS. Ketua Tim mengatakan alat ini kemungkinan mendapat target 3 Besar di Surabaya. Segala persiapan sudah dilakukan oleh tim dari ksalahan kecil sampai yg besar. Persiapan sudah dilakukan dari sebulan lalu bahkan dari waktu PKM alat ini juga sudah di usulkan, namun berbedanya dengan alat di PKM dengan alat ini 450VA sedang PKM 900VA. Alat ini juga menggunakan logika Vali sedang untuk PKM tidak.
Cara kerjanya alat ini adalah mendeteksi beban berlebih misalnya:

1.    Aman 0VA – 349VA

2.    Waspada 350VA – 400VA

3.    Bahaya 401VA – 420VA

Untuk keadaan waspada dan bahaya akan ada bunyi peringatan(warning) yang menandakan beban berlebih. Pada perlombaan ini seleksinya lewat proposal dan langsung di seleksi 10 tim untuk final di ITS Surabaya. Secara umum point-point kemenangan pada lomba ini adalah bagaiman cara presentasinya dan inovasi untuk masyarakat secara umum. Wijaya-red

Facebook Comments