Public Hearing KMTE 2016

03/04/2016 oleh : MAC

Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selalu berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan seluruh stakeholdernya, termasuk mahasiswa. Dalam setiap kesempatan, mahasiswa progam studi Teknik Elektro bisa menyampaikan saran dan kritik yang membangun untuk kemajuan program studi TE. Salah satu kesempatan yang diberikan pihak prodi yakni dengan diadakannya Public Hearing Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro bertempat di Ruang Seminar Laboratorium Teknik Elektro UMY pada Sabtu (2/4) lalu.

IMG_2089 (1)

Public Hearing KMTE 2016 yang diikuti oleh mahasiswa, dosen, alumni dan pengurus prodi diadakan dengan tujuan agar program studi teknik elektro UMY semakin maju dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi maupun industri. Satu bulan sebelum pelaksanaan acara public hearing, pihak KMTE telah mengedarkan kuesioner kepada mahasiswa aktif prodi TE guna menanyakan beberapa isu seperti permasalahan kompetensi dosen, jadwal kuliah, remidiasi nilai dan fasilitas laboratorium. Hasil kuesioner tersebut menyatakan bahwa pihak mahasiswa masih menginginkan kemajuan di TE baik pelayanan akademis, peningkatan SDM dosen serta fasilitas pendukung.

Menanggapi hasil kuesioner tersebut, Bapak Ir. Agus Jamal, M.Eng. selaku Kepala Program Studi TE memberikan tanggapan “Dari segi kompetensi dosen saat ini staf pengajar sudah berpendidikan minimal S2. Terdapat dua dosen yang sedang lanjut S3 dan pada tahun 2018 akan disusul beberapa dosen yang melanjutkan studi ke jenjang S3,”ujarnya. Sedangkan untuk jadwal kuliah menjadi padat karena keterbatasan ruangan, akan tetapi dengan mulai dibangunnya twin building maka diharapkan jadwal kuliah dapat kembali seperti semula. Untuk kasus remidiasi dijelaskan bahwa kebijakan remidiasi nilai di akhir semester akan dikaji ulang, karena kebijakan tersebut merupakan kebijakan di lingkup fakultas maka prodi tidak dapat langsung memutuskan. Sedangkan keluhan sempitnya ruang laboratorium, pihak prodi sudah mengusulkan penambahan ruangan ke pihak universitas dan langsung mendapatkan respon yang sangat bagus, “Tahun ini prodi Teknik Elektro juga mendapatkan dana sebesar 700 juta khusus untuk meningkatkan fasilitas maupun peralatan laboratorium,”jelas Agus. Gagasan dari mahasiswa untuk menambahkan sistem informasi praktikum TE, juga mendapatkan respon yang sangat baik dari jurusan. Sistem informasi tersebut dapat dijadikan sebagai proyek ataupun tugas akhir bagi mahasiswa yang mempunyai keahlian di bidang tersebut.

Sedangkan Bapak Ismail Maulana, S.T. sebagai alumni elektro angkatan pertama (1992) memberikan motivasi agar mahasiswa TE jangan mudah putus asa dan mengeluh, tetapi tetap semangat berusaha dengan sungguh-sungguh dengan disertai doa, niscaya apa yang kita inginkan pasti akan tercapai. “Sebaiknya teman – teman tetap bersemangat membangun prodi, meskipun masih ada keterbatasan, sebaiknya kita juga terus berusaha bersama-sama untuk memajukan prodi sehingga dapat mengharumkan nama UMY dan prodi TE,”ungkapnya yang disambut tepuk tangan dari mahasiswa TE yang hadir.(Y.A)

Facebook Comments