Pada pertengahan tahun 2019, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bangunjiwo Barat baru saja membangun sebuah gedung baru sebagai kantor sekretariat kegiatan Muhammadiyah tingkat ranting yang baru. Bangunan baru ini tidak hanya akan difungsikan sebagai pusat kegiatan PRM Bangunjiwo Barat, namun juga dapat digunakan oleh masyarakat umum sekitar sebagai fasilitas umum. Dikarenakan bangunan baru, maka perlu adanya pengerjaan instalasi listrik, pengurusan sertifikat SLO (Sertifikat Laik Operasi) instalasi listrik, dan pendaftaran meteran listrik yang baru. Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh Fakultas Teknik UMY, dosen teknik Elektro Faaris Mujaahid membantu PRM Bangunjiwo Barat dalam hal instalasi listrik dan pekerjaan sipil yang mendukung instalasi tersebut.

Setelah instalasi listrik dalam gedung selesai dikerjakan, proses selanjutnya adalah penerbitan SLO instalasi listrik yang dilakukan oleh LIT/TR (Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Rendah). LIT/TR adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang sertifikasi dan pengujian instalasi tenaga listrik dan memiliki kewenangan untuk menerbitkan SLO. Setelah gedung PRM Bangunjiwo Barat mendapatkan sertifikat dari LIT/TR, selanjutnya adalah mendaftar ke PLN untuk pemasangan meteran listrik dengan. Gedung PRM Bangunjiwo Barat didaftarkan sebagai kategori pelanggan sosial S2 dengan daya 900 VA yang berhak mendapatkan subsidi. Hal ini sesuai dengan fungsi dan tujuan didirikannya gedung ini, yaitu sebagai tempat fasilitas dakwah dan fasilitas umum masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Muhammadiyah Bangunjiwo Barat.

Selain bantuan dalam instalasi listrik dan pemasangan meteran listrik, Fakultas Teknik UMY juga memberikan bantuan alat elektronik berupa kipas angin gantung dan lampu LED untuk seluruh ruangan. Besar harapan, kerja sama antara UMY dan PRM Bangunjiwo Barat dapat berlanjut sebagai bentuk pengabdian dosen terhadap masyarakat luas.

Facebook Comments