Tugas utama sebagai seorang dosen adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Dosen dituntut agar tidak hanya melaksanakan tugas pada bidang pendidikan dan pengajaran tetapi wajib melakukan kegiatan penelitian & pengabdian kepada masyarakat. Dalam rangka merangsang minat dosen terutama dosen baru, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan sebuah forum yang membahas mengenai skema, penyusunan, dan strategi dalam melakukan penelitian maupun pengabdian masyarkat. Acara tersebut diadakan pada tanggal 7 April 2016 bertempat di ruang sidang Fakultas Teknik. Dosen program studi teknik elektro sebagian besar mengikuti acara tersebut.

Wakil Dekan I  Fakultas Teknik UMY Bapak Ir. Aris Widyo Nugroho, MT., Ph.D membuka acara tersebut. Sosialisasi yang dilaksanakan pada acara ini mempunyai tujuan agar penelitian khususnya dalam bidang keteknikan dapat bertambah, sehingga jenjang karir dosen juga semakin meningkat. Harapan kedepannya adalah jabatan fungsional dosen paling rendah di fakultas teknik UMY adalah Lektor Kepala.

bapak-aris

Pembukaan Acara oleh Bapak Ir. Aris Widyo Nugroho, MT., Ph.D

Sesi pertama dalam acara ini diisi oleh Bapak DR. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T beliau memaparkan tentang skema penelitian dan pengabdian masyrakat serta sharing pengalaman selama ini sehingga memperoleh pendanaan dana dari pihak RISTEKDIKTI maupun UMY. Terdapat dua jenis pengelolaan hibah penelitian yaitu desentralisasi & kompetitif. Pengelolaan hibah penelitian desentralisasi mulai dari proses seleksi dikelola oleh universitas meskipun nantinya penetapan pemenang tetap dilakukan oleh RISTEKDIKTI. Pengelolaan hibah penelitian kompetitif tahapan proses seleksi dan review dikelola oleh RISTEKDIKTI. Terdapat beberapa skema penelitian yaitu penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian peningkatan kapasitas.  Skema pengabdian kepada masyarakat oleh RISTEKDIKTI pada tahun 2016 ini ditambah menjadi 10 skema yaitu :

  • Iptek bagi Masyarakat(IbM);
  • Iptek bagi Kewirausahaan (IbK);
  • Iptek bagi Produk Ekspor (IbPE);
  • Iptek bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD)
  • Iptek bagi Inovasi Kreativitas Kampus (IbKIK);
  • Iptek bagi Wilayah(IbW);
  • Iptek bagi Wilayah antara PT-CSR atau PT-Pemda-CSR;
  • Iptek bagi Desa Mitra (IbDM);
  • Program Hi-Link
  • Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

Syarat dan ketentuan untuk dapat mengajukan pendanaan dari RISTEKDIKTI berbeda-beda, untuk itu perlu sekali dicermati persyaratan tersebut agar nantinya dapat lolos seleksi.

Pakdoni-teknik

Sesi I diisi oleh Bapak DR. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T

Sesi kedua diisi oleh Bapak Dr. Eng. Agus Setyo Muntohar, ST.,M.Eng.Sc beliau merupakan salah satu reviewer proposal penelitian RISTEKDIKTI. Beliau memberikan strategi bagaimana memilih skema penelitian, persyaratan administrasi yang harus ada dan juga simulasi perkiraan skor yang diperoleh. Bobot dari masing-masing skema penelitian mempunyai nilai yang berbeda. Bidang penelitian ditentukan dari sekarang, sehingga kedepannya kita tidak menjadi “kutu loncat”yang berpindah-pindah tema penelitiannya, karena hal tersebut akan menjadi penilaian oleh tim penilai apabila yang bersangkutan mengajukan dana untuk penelitian selanjutnya.

pak-agus-setyo