Profil

Sambutan Ketua Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Rabb semesta alam, atas segala limpahan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua sebagai hamba-Nya. Sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat, dan pengikut-pengikut Rasulullah, insya Allah termasuk kita semua hingga akhir zaman.

Selamat datang di laman resmi Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Laman ini secara berkesinambungan memberikan informasi terkini terkait bidang akademik maupun non-akademik untuk program studi yang telah berdiri sejak 1992 ini.

Program Studi Teknik Elektro UMY mengusung visi “Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang unggul dalam inovasi bidang sistem tenaga listrik didukung teknologi cerdas di tingkat nasional dan diakui di tingkat internasional pada tahun 2025 berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat”. Visi ini telah mendorong sivitas akademika Teknik Elektro UMY untuk berkomitmen secara berkelanjutan menjadi yang terbaik dalam memberikan pendidikan bidang Teknik Elektro berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri. Upaya yang telah dilakukan adalah meningkatkan kompetensi dan profesionalitas khususnya Dosen dan Staf Laboratorium sebagai ujung tombak pendidikan berkualitas. Selain itu, Prodi Teknik Elektro UMY telah menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), pengembangan media pembelajaran on-line, memperlengkap fasilitas laboratorium, memperkuat kegiatan kemahasiswaan, dan pengembangan jejaring alumni yang tersebar berbagai daerah hingga luar negeri. Berkat rahmat Allah SWT dan usaha tak kenal lelah seluruh sivitas akademika, Prodi Teknik Elektro UMY telah berhasil meraih sertifikasi internasional dalam manajemen mutu pada tahun 2019 berupa Sertifikasi SNI ISO 9001:2015.

Mari bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Prodi Teknik Elektro UMY untuk menjadi kader-kader yang unggul dalam iptek sekaligus kokoh dalam iman. Mari bersama kita berikhtiar untuk memberikan warna dalam pembangunan Indonesia, bermanfaat bagi kemaslahatan ummat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, ridha, dan pahala kepada kita semua. Aamiin ya robbal ‘aalamiin.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Dr. Ir. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T.

Kaprodi Teknik Elektro – UMY

 

Sambutan Ketua Program Studi Teknik Elektro

Sejarah Berdirinya Program Studi Teknik Elektro UMY

Mulai berdiri semenjak Semester 3 dan lebih tepatnya berfungsi di semester 4 pada tahun 1993 silam, yang bertempat di gedung kampus induk UMY waktu itu di Wirobrajan tepatnya jalan HOS Cokroaminoto No. 17 Yogyakarta yang waktu itu di sebut sebagai kampus I (kampus Lapangan ASRI) sekarang bernama Asri Medical Center (AMC), di kampus satu UMY inilah tempat Teknik Elektro UMY Resmi dilahirkan proses perijinan di tahun 1991 dan menerima mahasiswa angkatan I di tahun 1992, dengan mahasiswa pendaftar sebanyak 56 mahasiswa yang bersal dari berbagai daerah di indonesia. Pada saat itu hanya ada satu karyawan /staff di lab dan bahkan merangkap admin jurusan beliau bernama Mas Nurhidayat dan staff pengajar pertamanya yaitu bapak Ir Slamet Suripto, beliau berdua hingga kini masih setia mengawal Jurusan Teknik Elektro, dan waktu itu dengan ketua jurusannya yaitu beliau almarhum Bapak Ir Ismadi Isran, dari Teknik Elektro UGM.

Pada akhir tahun 1994 LAB TE dan Jurusan TE ini pernah di boyong ke Kampus II UMY termasuk admin jurusan TE, yang terletak dan beralamat di Jl Sonopokis atau Sonosewu Kidul, lebih tepatnya di kenal dengan Jl IKIP PGRI, karena memang disana dekat dan bertetangga dengan kampus IKIP tersebut yang sekarang berubah menjadi Universitas PGRI Yogyakarta. Pemindahan tersebut dilakukan pihak universitas karena semakin sesaknya di lingkungan Kampus I, sehingga perlu tempat yang lebih luas, waktu itu di kampus II tersebut Teknik Elektro jadi satu gedung dengan Ruang kuliah dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UMY yang berdiri pada tahun 1993 jadi selisih satu tahun dengan Jurusan Elektro. Oleh sebab itu dulu kampus II UMY sering di juluki kampus elit anak elektro dan kedokteran. Disanalah susah bersama dan senang bersama 2 studi yang berbeda ini, meskipun agak sedikit beda seting ruang kuliahnya. Kurang dari 5 semester tepatnya di akhir tahun 1996 di kampus II LAB dan admin jurusan mengalami perpindahan balik “come back” ke kampus I di Wirobrajan, dan posisinya pindah di sebelah barat lapangan ASRI dekat masjid dan merupakan renovasi dari gedung yang pernah di pakai STM Muhammadiyah yogya. Sebelumnya gedung ini peruntukkan kuliah mahasiswa kedokteran, dan semenjak itu kuliah anak kedokteran di pindah di kampus II (bertukar) dan kampus II resmi hanya ditempati oleh fakultas kedokteran UMY, untuk itulah kampus II UMY ini lebih di kenal dengan istilah ” istana anak Emas UMY “.

Latar belakang perpindahan ini di posisikan untuk seting kelompok lebih tepatnya dimana posisi kuliah mahasiswa kedokteran di geser dan di tempatkan secara terpadu di kampus II agar tidak terpecah, dan teknik elektro kembali dijadikan satu dengan sodara tua dan mudanya yaitu teknik sipil dan mesin di kampus I, dimana saat itu admin jurusan dan Lab masih menjadi satu atap. Baru kemudian di tahun 1996 akhir Admin jurusan dipisah dan menempati gedung bekas parkir motor mahasiswa dan karyawan yang berada di sebelah selatan lapangan Asri, termasuk jurusan sodara muda yaitu teknik mesin.

Pada akhir tahun 2004 Lab TE pindah ke kampus Terpadu UMY, namun waktu itu belum menempati gedung yang sebenarnya, dan masih menempati gedung kuliah di lantai 2 gedung F6 ujung timur gedung utama unit gedung Fakultas Eksakta UMY ( yang saat itu tahun 2010 gedung itu ditempati sebagai ruang kuliah Fakultas Agama Islam UMY berikut Admin Fakultasnya. Sebelum tahun 2007 tepatnya tanggal 26 mei 2007 sebelum perpindahan LAB elektro juga terjadi peristiwa alam yang memporak-porandakan kota yogya, sebagian kampus dan juga LAB, kampus terpadu banyak mengalami kerusakan khususnya dari atap eternit akibat tragedi pilu Gempa berkekuatan 5,9 sekala righter dan akibatnya proses pembangunan gedung lab juga semakin lama dan tertunda. Gedung Lab TE yang sebenarnya sedang proses pembangunan finishing akhir waktu itu, jadi harus menunggu dan baru pada tahun 2007 akhir secara resmi LAB pindah ke gedung yang di janjikan. Posisi gedung berada di sebelah ujung barat selatan membujur dari timur ke barat atau gedung G kampus terpadu lantai 2, diatas LAB teknik sipil.

Secara teknis hanya menempati satu lantai dengan 7 ruang lab, termasuk di setiap ruang terdapat ruang dosen pengajar teknik elektro yang direncanakan sebagai tempat mengantornya dosen setiap harinya. Semua Fakultas Eksata UMY LAB-nya menempati lokasi ini, termasuk sodara tua kita LAB Teknik Sipil, Pertanian, berikut sodara muda kita fakultas Kedokteran dan Jurusan Teknik Mesin yang berdiri tahun 1995 kala itu. Mereka yang pernah memimpin dan membaktikan dirinya adalah Ketua Jurusan Teknik Elektro dari tahun ke tahun sejak berdiri 1992:

  • 1992 – 1994; Drs. Ipieng Prijadi
  • 1995 – 1997; Ir. Ismadi Isran
  • 1998 – 2002; Dr. Ir. Tumiran, M.Eng
  • 2002 – 2007; Ir. Tony K. Hariadi, M.T
  • 2007 – 2009; Ir. Slamet Suripto
  • 2009 – 2010; Ir. Rif’an Tsaqif A., M.T
  • 2010 – 2017; Ir. Agus Jamal, M.Eng
  • 2017 – Sekarang; Dr. Ramadoni Syahputra, S.T., M.T.

Visi

“Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang unggul dalam inovasi bidang sistem tenaga listrik didukung teknologi cerdas di tingkat nasional dan diakui di tingkat internasional pada tahun 2025 berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat.”

Misi

1. “Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang teknik
      elektro untuk menghasilkan lulusan yang mampu
      berkontribusidi tingkat nasional dan internasional.
2. “Mengembangkan riset berkualitas dengan selalu
      memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.
3. “Mengaplikasikan hasil riset dalam bentuk kegiatan
      pengabdian kepada masyarakat.
4. “Mengembangkan kreativitas dan daya saing mahasiswa
      melalui keikutsertakan dalam kompetisi tingkat nasional
      dan internasional
5. “Mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi
      dalam dan luar negeri
6. “Menciptakan suasana akademik yang islami sesuai Al-Qur’an
      dan As-Sunnah.

Perpustakaan
Perpustakaan

Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium
Laboratorium

Merupakan pusat fasilitas praktikum dan penelitian untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa,
(Fasilitas Laboratorium Dapat diklik untuk melihat detainya)