Tim Teknik Elektro UMY beranggotakan Bintang, Lutfi dan Khilmi berhasil meraih peringkat 5 pada ajang KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) kategori VTOL (vertical Take Off and Landing) di Pasuruan Jawa Timur. Tim UMY juga meraih Technical Award di ajang tersebut. Pada divisi ini, UMY telah melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi proposal, laporan video perkembangan hingga akhirnya terpilih 20 tim terbaik untuk mengikuti seleksi secara nasional. Seleksi diadakan selama 4 hari (16 – 19 Oktober 2017) di Lapangan Terbang Aeromodelling, Detasemen TNI AU Raci, Pasuruan Jl. Raya Raci, Bangil, Pasuruan.

Tim TE-UMY mengandalkan drone dengan konfigurasi H-Octocopter yang mampu membawa beban maksimal 4 kilogram. Drone dilengkapi dengan FC (Flight Controller) dari Pixhawk dan mini PC untuk memproses data terkait penerbangan dan odometri robot. Sebuah GPS dan kamera digunakan untuk memandu robot bergerak menuju lokasi yang dimaksud. Robot dilengkapi electro-magnetic gripper untuk mengambil payload. Robot akan membawa payload menuju lokasi tertentu, menjatuhkan payload sesuai dengan sasaran yang dituju kemudian masuk mode RTL (Return to Launch) untuk kembali ke lokasi home.

Pada tahun ini drone telah dapat menjangkau lokasi sasaran dengan ketelitian sekitar 20 cm. Untuk selanjutnya, teknologi ini akan dikembangkan hingga akurasi mencapai 5 – 10 cm. Kedepannya, kita berharap bisa menembus peringkat 3 besar, dengan mengoptimalkan teknologi yang telah ada dan merancang strategi yang paling optimal.

Facebook Comments