Tim UMY berhasil meraih penghargaan juara 2 pada Lomba Penelitian Transportasi 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Kementrian Perhubungan RI. Melalui pelaksanaan lomba ini, diharapkan Balitbang Kemenhub memperoleh masukan yang dapat diimplementasikan untuk membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan transportasi perkeretaapian di Indonesia. Teknik Elektro UMY mengirimkan paper pada event tersebut dengan mengangkat judul “Sistem Informasi Terintegrasi pada Kereta Api Berbasis IOT”.

Paper yang dibuat merupakan kerja sama peneliti dari dosen Teknik Elektro diwakili Karisma T. Putra dan Toha A. Nugraha beserta mahasiswa Danardono. Penelitian dilakukan selama 3 bulan menghasilkan prototype berupa perangkat pemonitor berupa IP Camera dan perangkat penampil informasi menggunakan display dot matrix dan televisi serta sistem manajemen terpusat berbasis webserver. Sistem yang dibuat mengambil dasar platform IOT menggunakan SOC ESP8266 dan mini webserver berbasis x86 Atom CPU. Seleksi dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya seleksi draft paper dan presentasi untuk tiap regional. Untuk Regional Yogyakarta, presentasi dilakukan di Fakultas Teknik UGM pada tanggal 3 Oktober 2017. Alhamdulillah, tim UMY meraih juara 1 pada tahap tersebut. Juara tiap regional akan diundang untuk mempresentasikan makalahnya di tingkat nasional bertempat di Fakultas Teknik UI pada tanggal 24 Oktober 2017. Setelah melalui beberapa tahapan dan seleksi yang ketat, UMY dinobatkan sebagai juara 2 Lomba Penelitian Transportasi 2017.

Kita berharap, tahun depan UMY mengirimkan kandidat lebih banyak dengan penelitian yang lebih kompeten dan aplikatif lagi. Dosen dan mahasiswa terus didorong untuk berinovasi dan memberikan kontribusi yang optimal bagi perkembangan Teknik Elektro UMY pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Foto bersama para pemenang, dewan juri dan panitia lomba

 

 

Facebook Comments