Alhamdulillahirobbil alamiin…
Tim Komurindo-Kombat UMY yang berasal dari Prodi Teknik Elektro berhasil meraih Juara 2 Nasional Kategori Muatan Balon (Kombat).
Tim Kombat Mahasiswa TE dengan Pembimbing Pak Rama Okta Wiyagi, ST., M.Eng. sukses mempertahankan Juara 2 Nasional selama 3 tahun berturut-turut (2016, 2017, dan 2018/2019).
Komurindo-Kombat (Kompetisi Muatan Roket Indonesia – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer), kompetisi tahunan berlangsung sejak 2009, yg diikuti PTN-PTS terkemuka di Indonesia. Tahun ini diselenggarakan di Garut-Jabar, 23-25 Agustus 2019.

Kombat adalah kompetisi untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi dengan menggunakan balon sonde atau radiosonde. Tim Kombat membuat piranti elektronik yang ditempatkan di balon sonde, melalui media komunikasi wireless dimonitor dari laptop melalui antenna dan interface-card di permukaan bumi. Balon sonde tersebut akan memberikan informasi mengenai parameter-parameter atmosfer seperti tekanan udara, temperatur, dan kelembaban. Observasi mengenai kondisi atmosfer ini merupakan satu instrumen penting dalam berbagai berbagai penelitian di bidang terkait cuaca dan iklim.

Facebook Comments