[vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

“Untuk membuat 1 humanoid EROS, kami menghabiskan kurang lebih Rp 60.000.000,-“, kata Azhar Aulia pada event Seminar Robot di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis (4/4).

seminarrobotika1_ef2013

Seminar robot yang berjudul “Mikrochip kemarin, sekarang, dan nanti” dibuka oleh Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA. Pada pukul 09.00 WIB di Gedung AR Fachrudin B lantai 5 kampus terpadu UMY.

Seminar yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) UMY ini, merupakan rangkaian kegiatan Electro Fair 2013 di kampus UMY. Seminar ini diisi oleh 2 orang nara sumber yaitu Eko Henfri Binugroho, S. ST, M. Sc serta Azhar Aulia Saputra. Azhar Aulia Saputra mempresentasikan materi dengan menampilkan slide tentang generasi EROS. EROS adalah humanoid (robot yang berbentuk dan bergerak mirip manusia). EROS merupakan salah 1 andalan PENS dalam lomba robot internasional di Mexico City, Amerika Serikat tahun lalu. EROS hingga saat ini memiliki 4 generasi. Generasi pertama bernama E1205. ”Namanya masih alay, E1205”, lanjut Azhar. Generasi berikutnya adalah EROS 1, EROS 2, dan EROS 3. Proyek EROS diawali pada tahun 2010. Sedangkan, EROS 3 dikembangkan sejak akhir 2012 kemarin dan akan diikutsertakan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2013.

seminarrobotika_ef2013

Sedangkan Eko Henfri B, menerangkan tentang sejarah IC dan microchip hingga pengaplikasiannya pada pembuatan robot.
Seminar robot yang selesai pada pukul 11.40 WIB ini, Sebelum penutupannya diperagakan olah gerak EROS 3 dalam atraksi menendang bola, serta lincah geraknya ketika bangun karena terjatuh.(cahya)

 

 

sumber berita : http://nuansa.persmahasiswa.org/2013/04/robot-sepak-bola-berkunjung-ke-umy.html

gambar : yulia elektro.umy.ac.id

[/vc_column_text] [vc_video link=”http://www.youtube.com/watch?v=xu0YDTxcu3U” width=”1/1″ el_position=”first last”]