Tentang Jurusan TE

Tentang Jurusan TE

[vc_column width=”1/4″ el_position=”first”] [tile pattern=”BTL” bgcolor=”#57bae8″ text=”Tentang Jurusan TE” number=”12″ link=”http://elektro.umy.ac.id/profil-civitas/tentang-jurusan-te” size=”mini” width=”1/1″ el_position=”first last”] [tile pattern=”BTL” bgcolor=”#57bae8″ text=”Pendidikan” number=”12″ link=”http://elektro.umy.ac.id/profil-civitas/pendidikan/” size=”mini” width=”1/1″ el_position=”first last”] [tile pattern=”BTL” bgcolor=”#57bae8″ text=”Dosen & Staf” number=”12″ link=”http://elektro.umy.ac.id/profil-civitas/dosen-staf/” size=”mini” width=”1/1″ el_position=”first last”] [tile pattern=”BTL” bgcolor=”#57bae8″ text=”Alumni” number=”12″ link=”http://elektro.umy.ac.id/profil-civitas/alumni” size=”mini” width=”1/1″ el_position=”first last”] [tile pattern=”BTL” bgcolor=”#57bae8″ text=”Komunitas” number=”12″ link=”http://elektro.umy.ac.id/profil-civitas/komunitas” size=”mini” width=”1/1″ el_position=”first last”] [/vc_column] [vc_tabs interval=”0″ width=”3/4″ el_position=”last”] [vc_tab title=”Visi Misi Tujuan dan Sasaran” tab_id=”1432514507650-9-0″] [vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

Visi

“Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang unggul dan kompetitif yang mampu berkontribusi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang diakui di tingkat nasional dan internasional terutama bidang sistem tenaga listrik yang didukung oleh teknologi elektronika, informasi, dan komunikasi dengan dilandasi nilai-nilai Islam.”

 

Misi

  1. Membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis permasalahan dibidang teknik elektro, dan kemampuan memberikan pemecahannya secara praktis dan sistematis didukung oleh penggunaan metode yang tepat dan penguasaan bahasa Inggris.
  2. Membekali mahasiswa dengan semangat kompetitif melalui keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai event kompetisi di bidang teknik elektro baik tingkat regional, nasional, dan internasional.
  3. Menyediakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana akademik yang sesuai dengan kemajuan teknologi.
  4. Mengembangkan teknologi tepat guna di bidang teknik elektro untuk membantu produktivitas masyarakat.
  5. Mengadakan kerjasama dengan berbagai Institusi dan Perguruan Tinggi yang terkait dengan bidang teknologi elektro ditingkat daerah, nasional dan internasional.
  6. Pengembangan program yang juga menitikberatkan pada kemampuan softskill, seperti etika, interpersonal, disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan yang berdasarkan pada nilai-nilai Islam.
  7. Membangun karakter spiritualitas, moralitas dan nasionalisme berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah.

 

Tujuan

  1. 1. Menghasilkan sarjana Teknik Elektro yang kompeten dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kemampuan berbahasa Inggris serta berkepribadian Islami.
  2. Menghasilkan sarjana yang tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan teknologi yang ada di berbagai industri, serta mampu mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.
  3. Terselenggaranya proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi menggunakan sarana dan prasarana yang mutakhir.
  4. Menyiapkan sarjana yang mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  5. Terjalinnya jaringan kerjasama dengan berbagai institusi dan Perguruan Tinggi di tingkat daerah, nasional dan internasional.
  6. Menyiapkan sarjana yang memiliki sikap disiplin, bertanggung jawab, bekerjasama dan berperilaku Islami dalam berkarya di bidang Teknik Elektro maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
  7. Terbangunnya kualitas karakter spiritualitas, moralitas dan nasionalisme berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah.

[/vc_column_text] [/vc_tab] [vc_tab title=”Ikhtisar Jurusan” tab_id=”1432514507652-2-1″] [vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

Jurusan Teknik Elektro UMY mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun ajaran 1992-1993, dengan status dalam proses terdaftar di DIKTI. Saat itu menempati kampus I Jl. HOS. Cokroaminoto No. 17 Yogyakarta. Jurusan Teknik Elektro memperoleh status terdaftar berdasarkan surat keputusan Departemen Pendidikan dan kebudayaan nomor 05/Dikti/Kep/1993. Pada Tanggal 29 Mei 2000 memperoleh status TERAKREDITASI (BAN) dengan peringkat nilai C. Kemudian pada tanggal 26 Oktober 2004 memperoleh status TERAKREDITASI (BAN) dengan peringkat nilai B. Selanjutnya pada tahun 2009 berhasil mempertahankan status TERAKREDITASI (BAN) dengan peringkat nilai B berdasarkan SK BAN-PT No. 015/BAN-PT/AK-XII/S1/VI/2009. Tahun 2015 berhasil mempertahankan akreditasi dengan peringkat nilai B berdasarkan SK BAN-PT No. 509/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2015

Sejak bulan September 2004 seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum dilaksanakan di Kampus Terpadu UMY. Jurusan Teknik Eektro UMY telah mengembangkan kurikulum 2004 dengan berbasis kompetensi dengan mengakomodasi lima konsentrasi atau peminatan studi, yaitu teknik tenaga listrik, teknik kendali, teknik telekomunikasi, teknik elektronika dan teknik komputer & jaringan. Saat ini pula jurusan Teknik Elektro UMY telah menjalankan kurikulum berbasis Kompetensi (KBK) 2011 yang di implementasikan pada tahun ajaran 2012/2013

[/vc_column_text] [/vc_tab] [vc_tab title=”Momen Bersejarah” tab_id=”1432514507656-7-2″] [vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

Teknik Elektro UMY

Mulai ada semenjak Semester 3 dan lebih tepatnya berfungsi di semester 4 pada tahun 1993 silam, yang bertempat di gedung kampus induk UMY waktu itu di Wirobrajan tepatnya jalan HOS Cokroaminoto No. 17 Yogyakarta yang waktu itu di sebut sebagai kampus I (kampus Lapangan ASRI) sekarang bernama Asri Medical Center (AMC), di kampus satu UMY inilah tempat Teknik Elektro UMY Resmi dilahirkan proses perijinan di tahun 1991 dan menerima mahasiswa angkatan I di tahun 1992, dengan mahasiswa pendaftar sebanyak 56 mahasiswa yang bersal dari berbagai daerah di indonesia.

Pada saat itu hanya ada satu karyawan /staff di lab dan bahkan merangkap admin jurusan beliau bernama Mas Nurhidayat dan staff pengajar pertamanya yaitu bapak Ir Slamet Suripto, beliau berdua hingga kini masih setia mengawal Jurusan Teknik Elektro, dan waktu itu dengan ketua jurusannya yaitu beliau almarhum Bapak Ir Ismadi Isran, dari Teknik Elektro UGM.

Pada akhir tahun 1994

LAB TE dan Jurusan TE ini pernah di boyong ke Kampus II UMY termasuk admin jurusan TE, yang terletak dan beralamat di Jl Sonopokis atau Sonosewu Kidul, lebih tepatnya di kenal dengan Jl IKIP PGRI, karena memang disana dekat dan bertetangga dengan kampus IKIP tersebut yang sekarang berubah menjadi Universitas PGRI Yogyakarta.

Pemindahan tersebut dilakukan pihak universitas karena semakin sesaknya di lingkungan Kampus I, sehingga perlu tempat yang lebih luas, waktu itu di kampus II tersebut Teknik Elektro jadi satu gedung dengan Ruang kuliah dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UMY yang berdiri pada tahun 1993 jadi selisih satu tahun dengan Jurusan Elektro. Oleh sebab itu dulu kampus II UMY sering di juluki kampus elit anak elektro dan kedokteran. Disanalah susah bersama dan senang bersama 2 studi yang berbeda ini, meskipun agak sedikit beda seting ruang kuliahnya.

Kurang dari 5 semester tepatnya di akhir tahun 1996 di kampus II LAB dan admin jurusan mengalami perpindahan balik “come back” ke kampus I di Wirobrajan, dan posisinya pindah di sebelah barat lapangan ASRI dekat masjid dan merupakan renovasi dari gedung yang pernah di pakai STM Muhammadiyah yogya.

Sebelumnya gedung ini peruntukkan kuliah mahasiswa kedokteran, dan semenjak itu kuliah anak kedokteran di pindah di kampus II (bertukar) dan kampus II resmi hanya ditempati oleh fakultas kedokteran UMY, untuk itulah kampus II UMY ini lebih di kenal dengan istilah ” istana anak Emas UMY “.

Latar belakang perpindahan ini di posisikan untuk seting kelompok lebih tepatnya dimana posisi kuliah mahasiswa kedokteran di geser dan di tempatkan secara terpadu di kampus II agar tidak terpecah, dan teknik elektro kembali dijadikan satu dengan sodara tua dan mudanya yaitu teknik sipil dan mesin di kampus I, dimana saat itu admin jurusan dan Lab masih menjadi satu atap.

Baru kemudian di tahun 1996 akhir Admin jurusan dipisah dan menempati gedung bekas parkir motor mahasiswa dan karyawan yang berada di sebelah selatan lapangan Asri, termasuk jurusan sodara muda yaitu teknik mesin.

Pada akhir tahun 2004

Lab TE pindah ke kampus Terpadu UMY, namun waktu itu belum menempati gedung yang sebenarnya, dan masih menempati gedung kuliah di lantai 2 gedung F6 ujung timur gedung utama unit gedung Fakultas Eksakta UMY ( yang saat itu tahun 2010 gedung itu ditempati sebagai ruang kuliah Fakultas Agama Islam UMY berikut Admin Fakultasnya.

Sebelum tahun 2007 tepatnya tanggal 26 mei 2007 sebelum perpindahan LAB elektro juga terjadi peristiwa alam yang memporak-porandakan kota yogya, sebagian kampus dan juga LAB, kampus terpadu banyak mengalami kerusakan khususnya dari atap eternit akibat tragedi pilu Gempa berkekuatan 5,9 sekala righter dan akibatnya proses pembangunan gedung lab juga semakin lama dan tertunda. Gedung Lab TE yang sebenarnya sedang proses pembangunan finishing akhir waktu itu, jadi harus menunggu dan baru pada tahun 2007 akhir secara resmi LAB pindah ke gedung yang di janjikan. Posisi gedung berada di sebelah ujung barat selatan membujur dari timur ke barat atau gedung G kampus terpadu lantai 2, diatas LAB teknik sipil.

Secara teknis hanya menempati satu lantai dengan 7 ruang lab, termasuk di setiap ruang terdapat ruang dosen pengajar teknik elektro yang direncanakan sebagai tempat mengantornya dosen setiap harinya. Semua Fakultas Eksata UMY LAB-nya menempati lokasi ini, termasuk sodara tua kita LAB Teknik Sipil, Pertanian, berikut sodara muda kita fakultas Kedokteran dan Jurusan Teknik Mesin yang berdiri tahun 1995 kala itu.

[/vc_column_text] [vc_gallery type=”flexslider_fade” interval=”3″ onclick=”link_image” img_size=”large” images=”310,311,324,326,325″ custom_links_target=”_self” width=”1/1″ el_position=”first last”] [/vc_tab] [vc_tab title=”Kepala Jurusan” tab_id=”1432514507658-6-3″] [vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

Mereka yang pernah memimpin dan membaktikan dirinya adalah Ketua Jurusan Teknik Elektro dari tahun ke tahun sejak berdiri 1992:

  • 1992 – 1994; Drs. Ipieng Prijadi
  • 1995 – 1997; Ir. Ismadi Isran
  • 1998 – 2002; Dr. Ir. Tumiran, M.Eng
  • 2002 -2007; Ir. Tony K. Hariadi, M.T
  • 2007 – 2009; Ir. Slamet Suripto
  • 2009 – 2010; Ir. Rif’an Tsaqif A., M.T
  • 2010 – Sekarang; Ir. Agus Jamal, M.Eng

[/vc_column_text] [/vc_tab] [vc_tab title=”Penghargaan” tab_id=”1432514507671-0-4″] [vc_column_text width=”1/1″ el_position=”first last”]

Prestasi Mahasiswa

  • TeamUS : Line Tracking Robot Competition IV – STTNAS (2009)
  • TeamUS : Robo Line Follower Contest – Techno Corner UGM (2009)
  • Ibrahim Agil : Kontes Robot Seni Indonesia [KRSI] (2010)
  • Fajar Harianto : Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi [GEMASTIK] (2011)
  • Lomba Roket KOMURINDO Tingkat Nasional (2011)
  • Lomba Electrical Innovation Award Tingkat Nasional (2011)
  • Team Andromeda : Lomba PLC Tingkat Nasional – Universitas Brawijaya (2012)
  • Tim Andromeda : Juara Harapan 3 Wind Turbine Design National Competition (2012)
  • Tim Andromeda : Juara 1 Lomba Paper Tingkat ASEAN – ITB (2012)
  • Tim Mr.Cool MK2 : Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (Kategori Berkaki) Regional III DIY-JATENG – UII (2013)
  • Tim XanthiX : Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (Kategori Beroda) Regional III DIY-JATENG – UII (2013)
  • Tim Biomedik_UMY : Juara 1 Kategori Biomedik Lomba Cipta Elektroteknik Nasional – ITS (2013)
  • Team Andromeda : Masuk Putaran Final Lomba Poster tingkat Internasional – IIUM Malaysia (2013)
  • Team Andromeda : Masuk Putaran Final Lomba Paper tingkat Internasional – Paper Submissions AISC Taiwan (2013)
  • KMTE UMY : Himpunan Mahasiswa Jurusan Terbaik – The 1st Annual BEM KM UMY (2014)
  • Tim Kincir Angin UMY : Juara Harapan 1 Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2014 di selenggarakan Ditlibtabmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (KEMENDIKBUD), Universitas Sanata Darma Yogyakarta dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Bantul – Pantai Baru Bantul (2014)
  • Tim elbi_joe TE.UMY : Juara Umum II PKM Forum Grup Diskusi Teknologi 2014 – Universitas Muhammadiyah Riau(2014)
  • Tim REV-GAARDAN TE UMY : Juara Desain Terbaik Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berserta Kemernterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (2015)

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Paten

[/vc_column_text] [/vc_tab] [/vc_tabs]

Facebook Comments