Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses menyelenggarakan salah satu kegiatan unggulan yaitu Visiting Professor, Kamis-Sabtu (17-19/10). Pada kegiatan ini, Prodi Teknik Elektro mendatangkan Professor Ir. Dr. Nor Ashidi Mat Isa. asal School of Electrical and Electronics Engineering, Univerity Sains Malaysia (USM) Engineering Campus Nibong Tebal, Penang, Malaysia. Dalam acara tersebut, dosen dan mahasiswa berperan aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Dosen Teknik Elektro, Dr. Yessi Jusman, S.T., M.Sc. memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan para Akademisi/Professor maupun Researcher berpengalaman dari kampus luar negeri bereputasi (kampus 500 besar dunia) dalam rangka knowledge sharing dan bertukar pengalaman. Sehingga, diharapkan dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran kepada mahasiswa khususnya di Prodi TE UMY.

“Dalam rangkaian Kegiatan Visiting Professor kali ini, ada beberapa agenda dan kegiatan akademik yang telah terlaksana dengan peserta para Dosen maupun mahasiswa di lingkungan Prodi Teknik Elektro maupun Fakultas Teknik UMY,” ujarnya saat dihubungi pada Rabu (23/10).

Acara Visiting Professor terbagi dalam tiga kegiatan. Pertama ialah Prof. Ir. Dr. Nor Ashidi Mat Isa memberikan motivasi dan arahan kepada mahasiswa Prodi TE UMY berkaitan dengan bagaimana berpikir kreatif dan inovatif dalam menentukan topik penelitian. Kedua memberikan materi kepada dosen-dosen di lingkungan Fakultas Teknik UMY mengenai bagaimana melakukan penelitian yang baik dan berkualitas, sehingga hasil penelitian tersebut dapat dipublikasikan di Jurnal Internasional bereputasi dengan impact factor tinggi. Ketiga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Prodi TE UMY dengan mengambil topik tentang teknologi Artificial Intelligence (AI). Kuliah umum tersebut diberi tajuk “Introduction to Intelligent System Using Artificial Neural Networks”.

“Mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut sangat tertarik dan antusias terhadap materi yang dipaparkan oleh Prof. Nor Ashidi karena teknologi AI sedang menjadi hot topic dalam penelitian di bidang Teknik Elektro, Telekomunikasi, dan Information Technology dan akan menjadi future technology di era Revolusi Industri 4.0,” imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Dr. Yessi Jusman, S.T., M.Sc. berharap kualitas tenaga pendidik dan mahasiswa dapat meningkat dengan program yang berkesinambungan. (http://www.umy.ac.id)

Facebook Comments