Latih Mental dengan Lomba Robot

07/04/2013 oleh : MAC

YOGYA (KRjogja.com) – Mengikuti lomba robot ternyata tidak hanya menambah pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga dapat melatih mental seseorang. Hal inilah yang dilakukan oleh Kelompok Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk melatih mental siswa-siswi SMA Se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui kompetisi robot.

robotech#3

Ketua panitia Electro Fair 2013, Azie Mouzal menuturkan, mengikuti sebuah kompetisi diketahui merupakan cara terbaik dan efektif untuk melatih mental. Dimana siswa-siswi yang mengikuti kompetisi, bisa bersaing menunjukan robot terbaik rancangan mereka.

“Lomba ini tidak hanya melatih mental para peserta untuk bersaing namun lomba ini juga akan memberikan pengetahuan tentang dunia robot dan elektro. Peserta dapat mengetahui tentang komponen-komponen robot itu sendiri dan juga sebagai ajang uji coba robot yang mereka ciptakan,” ujarnya disela lomba Robot Tingkat SMA se-DIY, Sabtu (06/04/2013) di Lantai Dasar Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY.

Lomba robot yang bertema “Cepat dan Tepat” ini merupakan salah satu rangkaian acara Electro Fair 2013 yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) UMY. Sebanyak 47 tim dari SMA/SMK se-DIY ikut serta dalam lomba yang telah terselenggara tiap tahunnya.

robotech#3_hiburan

Dijelaskan, Robotech kali ini, akan menguji 47 robot bentuk mobil dalam sebuah lintasan yang telah disiapkan oleh panitia. “Kita menilai bagaimana robot yang mereka ciptakan sendiri bisa melaju sesuai dengan lintasan yang kita sediakan sebelumnya. Disinilah akan terlihat robot tim manakah yang berhasil melintasi sampai garis Finish,” tuturnya.

Azie berharap dengan adanya lomba robot, maka jiwa kompetisi mereka akan tumbuh dan akan mengikuti lomba serupa di tingkat yang lebih tinggi. “Dengan mental kompetisi yang sudah terbangun sejak dini, nantinya mereka akan semakin tertarik dengan dunia robot bahkan bisa mengikuti kompetisi robot tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Aie)

 

sumber berita : krjogja.com/read/167704/latih-mental-dengan-lomba-robot.kr

gambar : widya – yulia elektro.umy.ac.id

Facebook Comments