Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KMTE UMY) kembali menyelenggarakan acara “Elektro Fair”. Kegiatan tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Elektro UMY kepada masyarakat umum, khususnya kepada pelajar SD, SMP, SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki kualitas dan potensi serta kemauan untuk menggali kreativitas dalam pemanfaatan teknologi.“Spread Creativities to be Qualitified Young Generation” menjadi tema yang diangkat KMTE UMY pada tahun ini.

Dalam mewujudkan generasi muda yang berprestasi dibidang kreatifitas perkembangan teknologi di Indonesia, pada Sabtu, (8/4) KMTE UMY meyelenggarakan sarana pembelajaran “Training Robot” di Laboraturium Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Training Robotic merupakan suatu sarana kegiatan pelatihan dan pembekalan bagi para pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan membuat dan memprogram robot yang dipandu oleh trainer profesional. Trainer tersebut berasal dari EDUBOT ROBOTICS SCHOOL YOGYAKARTA yang berdiri sejak tahun 2011. Adapun jenis robot yang diaplikasikan dalam pelatihan ini adalah bluetooth controlled robot.

Training Robotic Electro Fair 2017 ini mengangkat tema “Build Your Own Robot”. Pembelajaran dalam kegiatan ini akan berfokus pada materi dasar robotika, konfigurasi robot, mekanika robot, penggunaan sensor, dan komunikasi data. Kegiatan ini dikemas dengan menghadirkan ilmu-ilmu yang berkualitas sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat diterapkan dalam berbagai aspek untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia dengan peserta para pelajar SMA/SMK sederajat dan Mahasiswa se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini berjalan secara serius dan menarik, sehingga peserta yang berjumlah kurang lebih 22 orang dapat memahami dengan teliti proses perakitan dan pemrograman robot tersebut. Selaku sekretaris Yuki Adilah, menambahkan “tujuan diadakannya Training Robotic ini diharapkan mampu menjadi modal yang kuat untuk mengasah kreatifitas, pola pikir, menggali imajinasi, kemampuan berpikir logis, serta problem solving peserta”tutupnya. (junda)

Sumber : http://eng.umy.ac.id/blog/kmte-training-robotic-untuk-menunjang-kreativitas-anak-bangsa/

Facebook Comments