Sejak bulan Januari 2019 sampai dengan Juli 2019, prodi Teknik Elektro UMY bersama dengan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah boarding School (PPM MBS) Yogyakarta melakukan kerja sama untuk merancang sebuah alat berupa pembangkit listrik yang berasal dari energi matahari atau disebut sebagai Solar Home System Trainer. Alat digunakan sebagai fasilitas edukasi bagi santriwan/santriwati di PPM MBS Yogyakarta mengenai energi yang bersumber dari selain fosil. Kerja sama ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat skim Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh LP3M UMY T.A. 2018/2019. Tim prodi Teknik Elektro UMY diwakili oleh tiga dosen, yaitu Faaris Mujaahid, Widyasmoro, dan Iswanto. Ada pula dua mahasiswa Teknik Elektro UMY yang membantu pelaksanaan dan menjadikan kegiatan ini sebagai topik tugas akhir mereka, yaitu bangkit Dwiputra Erlangga dan Nur Fauzi Hidayat. Sedangkan dari PPM MBS Yogyakarta, ada Rahmat Susanto sebagai Wakil Direktur III dan Supri sebagai ketua Teknisi Listrik.

Kerja sama ini menghasilkan sebuah PLTS off-griddengan sebuah papan edukasi (SHS-Trainer) yang memberikan informasi tentang tegangan dan arus yang keluar dari sel surya. Sehingga daya dan energi yang dihasilkan oleh PLTS dapat dipantau secara real-time. Santri dapat belajar bagaimana PLTS bekerja dan memahami pentingnya sumber energi hijau bagi lingkungan. Komponen yang digunakan pada PLTS off-gridini adalah tiga buah modul sel surya dengan kapasitas masing-masing 100 Wp, baterai jenis VRLA dengan kapasitas 100 Ah, MPPT 40A, tiga buah digital amperemeter/voltmeter, dan inverter 12/24 VDC 230VAC. Dengan spesifikasi tersebut, PLTS ini diharapkan dapat menghasilkan daya sekitar 100 Watt pada siang hari. Potensi energi yang dapat diproduksi dari sistem ini adalah sekitar 220 KWh per tahun, atau sama dengan menghemat biaya sejumlah Rp 308.000,- per tahun.

Tujuan utama dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan luas kepada santri dan civitas PPM MBS Yogyakarta terhadap teknologi, khususnya PLTS yang menggunakan sumber matahari sebagai energi hijau dalam menghasilkan listrik sebagai kebutuhan primer manusia saat ini.

Facebook Comments