Robot saat ini sudah populer dikalangan siswa Sekolah Dasar (SD). Namun, terkadang mereka belum tahu tentang apa yang disebut robot dan bagaimana cara kerjanya. Untuk itu perlu adanya sebuah alat sebagai modul pembelajaran agar siswa SD bisa mengenal robot secara keseluruhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Nur Hidayatullah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat memaparkan hasil penelitiannya pada (05/02) di Kampus Terpadu UMY. Hidayat berhasil menciptakan sebuah robot yang disebut “Aplikasi Pembelajaran Logika Robotika untuk Siswa SD” agar mereka bisa tahu bagaimana sebuah robot itu bekerja.

Hidayat menjelaskan bahwa robot yang berbentuk mobil ini merupakan robot sederhana. “Robot yang saya ciptakan ini merupakan sebuah robot yang sederhana dengan komponennya pun sangat sederhana. Hanya terdiri dari plastik untuk badan robot dengan komponen-komponen robot lainnya seperti motor yang berfungsi menggerakan roda dan juga adanya Micro Controller didalamnya,” jelasnya.

Selain komponen-komponen yang ada di dalam robot, terdapat program lain yang berfungsi menggerakan robot tersebut. “Hal penting dari robot adalah programnya, selama ini yang belum diketahui para Siswa SD adalah tentang program yang membuat robot itu bekerja sesuai dengan perintah kita,” imbuhnya.

Program tersebut terang Hidayat sudah terpogram didalam Komputer. “Dengan menggunakan Kontrol Mikro dan USB Downloader, mereka hanya tinggal membuka programnya dan memasukan perintah, misalnya perintah untuk maju, mundur, atau belok yang kemudian USB Downloader tersebut akan membaca dan perintah tersebut akan dikerjakan oleh robot,” terangnya.

Menurut Hidayat, para siswa SD sangat tertarik ketika diperkenalkan alat ini. “Sebelumnya alat ini sudah dicoba oleh delapan siswa SD Sonosewu, dan hasilnya mereka sangat tertarik dengan alat ini dan alat ini menambah pengetahuan mereka tentang robot dan komponen-komponen robot yang sebelumnya belum diketahui,” tegasnya.

Mahasiswa Teknik Elektro ini berharap alat ini bisa bermanfaat bagi anak-anak lainnya agar lebih mengenal robot. “Saya sangat berharap alat ini bisa disosialisasikan kepada siswa-siswa SD lainnya agar mereka tahu tentang apa itu robot dan bagaimana cara kerjanya,” ungkapnya.

Facebook Comments