MOU-kasetrat
Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menjalin kerjasama dengan Universitas Asing dalam upaya peningkatan standar kualitasnya. Kali ini, FT UMY menggandeng Faculty of Engineering dari Kasetsart University, Thailand, sebagai partnernya.

Kerjasama yang dijalin berupa penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak di ruang Stadium General Fakultas Teknik UMY pada Rabu (27/07). Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, Jazaul Ikhsan, S.T.,M.T., Ph.D., selaku dekan FT UMY, Dr. Patamaporn S., selaku asistant Dean for International Affairs for the Fculty of Engineering Kasetsart University, dan juga kepala Biro Kerjasama UMY, Indira Prabasari, Ph.D.

Sebelum MoU ditandatangani, kedua belah pihak saling memperkenalkan kampus masing-masing, dan juga kegiatan akademis pada Fakultas Teknik. Kemudian disusul penandatanganan MoU dan diskusi antar kedua belah pihak untuk membahas kerjasama lebih lanjut antar kedua universitas.

Dalam diskusi tersebut, Indira Prabasari, Ph.D. menyampaikan bahwa UMY sudah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Thailand. Kerjasama tersebut antara lain seperti student exchange, pertukaran dosen, riset bersama, dan lain-lain. “Untuk kerjasama antar UMY dengan Kasetsart University ini akan berbentuk joint research dan joint article antar dosen dari kedua belah pihak. Untuk lebih lanjut, kita juga dapat saling bertukar dosen, dengan mengundang professor dari Kasetsart University ke UMY selama tiga minggu untuk mengajar, begitu juga sebaliknya,” jelas Indira.

Dr. Wanchai Yodsudjai, salah satu dosen Fakultas teknik Kasetsart University, menanggapi baik tertandatanganinya MoU ini. “Kita dapat memulainya dari aktivitas seperti ini. Kegiatan-kegiatan kerjasama dapat dimulai dari pengajuan proposal penelitian hingga kepada penelitian bersama dalam topik yang lebih spesifik, dan juga dalam bentuk kegiatan lainnya,” jelas Wanchai.

MoU antar fakultas teknik UMY dan Kasetsart University ini akan berlaku selama lima tahun dimulai sejak ditandatanganinya MoU. (Deansa)

Sumber : http://www.umy.ac.id/ft-umy-jalin-kerjasama-dengan-kasetsart-university.html

Facebook Comments